Friday, September 27, 2013

Saksi Yehovah, Saudara!

Seorang calon penganut Saksi Yehovah sedang dibaptis.

"Percayakah Saudara terhadap janji-janji Allah? Tulis majalah resmi sekte Saksi Yehovah, "Menara Pengawal" di halaman dalam sampul depannya. Saya baru kemarin membaca majalah itu, dengan asumsi selama bertahun-tahun bahwa Saksi Yehovah itu sesat, tidak mengakui Yesus sebagai Tuhan (lah.. Sekarang saya juga tidak!) dan menerjemahkan Alkitab menurut caranya sendiri.

Lho lho lho.. Ada apakah dengan mereka ini, sehingga mereka ditakuti oleh sebagian besar umat Kristiani, bahkan ada yang mengadakan seminar khusus untuk melawan argumen para Saksi Yehovah ini dalam berdebat?

Tempatnya di Kupang.. Menunjukkan betapa 'berbahayanya' Saksi Yehovah itu!
 Sebenarnya, Saksi Yehovah bukanlah sesuatu yang salah apabila ditinjau dari sudut pandang hermeneutika dan studi religiositas. Yang berbahaya adalah bagaimana mereka 'menyempal' terhadap ajaran agama Kristen (maksudnya, menerima beberapa dogma dan menolak sebagian yang lain). Yah, mirip-mirip Ahmadiyah di Islam, sih. Tapi beberapa poin ciri khas Saksi Yehovah:

1. Selalu melakukan penginjilan door-to-door, memangnya ada orang di zaman sekarang yang pindah agama dengan cara begitu? Kalau ada, saya akan terkejut.

2. Dikendalikan dari pusatnya di New York: Bible Tract Society, namanya. Alkitab pun mereka ada terjemahan sendiri, namanya New World Translation (NWT). Isinya beda-beda sedikitlah dengan Alkitab LAI/LBI yang beredar luas di Indonesia. Satu hal yang mencolok adalah penggantian sebutan untuk Yesus dalam Injil Perjanjian Baru, dari 'Tuhan" menurut versi mainstream menjadi 'Tuan"; hal ini bersumber dari bahasa asli Perjanjian Baru, yaitu Yunani, menyebut Yesus sebagai 'κύριος' (kyrios), yang dapat diterjemahkan menjadi keduanya.

3. Satu-satunya agama yang memiliki program tour di kantor pusatnya yang cabang Jakarta , mungkin untuk pengenalan lebih baik, tapi inovatif juga menurut saya.

Majalahnya bagus juga sih, ada dua, Watchtower (Menara Pengawal) yang isinya sebagian besar mengenai doktrin Saksi Yehovah, dan satu lagi Sedarlah! yang lebih berisi peristiwa-peristiwa penting menurut Saksi Yehovah, dihubungkan dengan isi Alkitab menurut mereka, ya semacam National Geographic begitulah layoutnya.

Anda tertarik (saya tidak promosi loh, hehe..). Maksudnya biar tau aja. Alamat situsnya: http://www.jw.org/id/

2 comments:

  1. Willy, mampir kesini jg ya -> http://aqlislamiccenter.com/
    artikelnya jg bagus2 hehe

    ReplyDelete
  2. Ah, danke Kiki.. Du bist sehr nett :)

    ReplyDelete